Menyambut 50 tahun kehadiran Toyota di Indonesia di tengah pandemi, Toyota Astra Motor menggelontorkan edisi khusus Toyota Kijang Innova Edisi 50 Tahun. Hanya dibuat sebanyak 50 unit. 30 dalam bentuk Innova V A/T Luxury, sisanya Innova Venturer. Unitnya sempat dipajang beberapa hari di IIMS Hybrid 2021, lalu menghilang. Ini bukan tanpa alasan. 50 unit itu sudah habis dibeli, dan tidak akan dibuat lagi. Hebatnya, kelima puluh mobil habis hanya dalam waktu satu jam.
TIPE KENDARAAN | HARGA OTR |
---|---|
KIJANG INNOVA 2.0 G M/T BSN | 384.550.000 |
KIJANG INNOVA 2.4 G A/T DSL | 433.450.000 |
KIJANG INNOVA 2.4 G M/T DSL | 412.300.000 |
Tentunya, Nama Kijang sudah tak asing didengar bagi keluarga Indonesia. MPV 7-seater ini, terkenal dengan kabin lapang nan nyaman juga mesin yang bandel. Dari generasi ke generasi, ia tampil semakin mewah dan lengkap. Pada Okrober 2020, penyegaran terakhir diberikan. Harganya kini mulai Rp 337,6 juta.
Desainnya mengalami sedikit ubahan dengan tetap mempertahankan DNA kendaraan keluarga yang sudah khas. Penambahan fitur pada pembaruan terbaru juga meningkatkan kenyamanan, keselamatan berkendara bahkan sisi kesehatan penumpang.
Trim terbagi menjadi tiga: G, V, Q dan Venturer. Semuanya mendapatkan fitur keselamatan standar Dual SRS Airbag, knee airbag, serta ABS+EBD. Sensasi kemewahan hadir di tipe Q dan V. Aura ini diperkuat dengan penggunaan premium illumination kabin serta panel AC digital. Di balik bangku depan terdapat sebuah meja kecil yang terlipat, bak berada di kabin pesawat. Bangku Captain Seat untuk trim Luxury kini tersedia untuk semua lini varian (G, V, Q dan Venturer).
Toyota tawarkan dua opsi mesin, bensin dan diesel. Untuk generasi teranyar, Innova mengusung mesin diesel yang baru berkode 2GD-FTV. Kapasitasnya sebesar 2.400 cc, dilengkapi dengan VNT Intercooler. Dorongan turbo membuatnya sanggup mengail tenaga 149 ps di 3.400 rpm dengan torsi mencapai 360 Nm. Opsi ini hanya tersedia di Tipe G dan Tipe Q
Pilihan mesin bensin masih mengandalkan unit yang sama dengan generasi sebelumnya. Unit 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc dilengkapi Dual VVT-i. Semburan tenaga maksimumnya 139 ps di 5.600 rpm dengan torsi puncak 182 Nm di 4.000 rpm.
Kijang Innova diproduksi langsung oleh TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) di Karawang. Namun mobil ini tak hanya dinikmati pasar domestik, ia juga diekspor ke beberapa negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika.